Nufat.id

Portal Berita dan Entertaiment

Komisi VIII DPR dan Kementerian Agama Gelar Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji 2023

Poto Istimewa

NUFAT.ID – Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) akan segera ditetapkan yang digelar oleh Komisi VIII DPR dan Kementerian Agama (Kemenag) sebagai perwakilan Pemerintah pada tahun 2023.

Wakil Ketua Komisi VIII DPR Ace Hasan Syadzily mengatakan, perhitungan ulang soal biaya yang ditetapkan nanti setelah perhitungan ulang oleh Panitia Kerja (Panja)  biaya haji.

“Insyaallah siang atau sore nanti kita akan segera menetapkan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahun 2023 akan diumumkan. Kami, Panja Komisi VIII, telah bekerja keras menurunkan berbagai komponen pembiayaan haji yang dapat diefisiensikan tanpa mengurangi layanan kepada jemaah haji,” kata Ace kepada wartawan, pada Selasa, Februari 2023.

Dalam hal ini pihaknya berupaya agar biaya tak lebih melebihi batas Rp 50 juta. Seperti diketahui untuk angka ini berselisih dari usulan awal oleh Kemenag, yakni Rp 69 juta.

“Dari Rp 98 juta yang diusulkan Kementerian Agama, kami berusaha untuk diturunkan. Kami berusaha untuk mematok jemaah haji untuk membayar tidak lebih dari angka Rp 50 juta, tidak sampai ke angka Rp 69 juta seperti yang diajukan Kementerian Agama,” kata Ketua DPP Golkar ini.

Ace juga membeberkam pihaknya untuk terus berupaya bagi jamaah haji yang telah melunasi biaya tahun 2020, agar tidak membayar kembali.

“Kami juga sedang berjuang bagi jemaah haji yang telah membayar lunas tahun 2020 dan tertunda keberangkatannya akibat kebijakan usia dan pembatasan kuota, yang jumlahnya sebanyak 84 ribu jemaah untuk tidak membayar kembali setoran haji,” ujar dia.

Untuk itu, pihaknya tengah membahas terkait hal ini, agar segera bisa di informasikan kepada jamaah yang telah membayar lunas tahun 2020.

“Kami masih bahas pagi ini. Dan mudah-mudahan siang atau sore ini bisa segera ditetapkan,” imbuhnya.